Fotografi: Mark Duffus
ARSITEK: Gray Puksand
LOKASI: Melbourne, AUS
PROYEK: Australian Post
Kantor baru Australia Post di Melbourne menyatukan pegawai tetap dan sementara dari empat lokasi dengan membangun lingkungan kerja yang benar-benar memperhatikan keinginan pegawai untuk bekerja dengan nyaman dan menyenangkan.
Persepsi publik terhadap Australia Post banyak dibentuk oleh upaya terus-menerus perusahaan ini untuk mengadaptasi layanan surat kabar dan jejaring ritel raksasanya dengan kebutuhan pelanggan yang terus berubah di era komunikasi digital, media sosial dan belanja online. Maka sungguh menggembirakan karena di bangunan enam lantai berukuran 11,000 meter persegi yang berlokasi di 180 Lonsdale Street by Gray Puksand yang sudah berusia lebih dari 200 tahun ini, dapat menaungi beragam tenaga kerja yang bekerja sungguh-sungguh serta mendukung perubahan fundamental ini melalui perhatian dan fokus terhadap kesehatan dan kenyamanan pegawai di tempat kerja.
Kantor baru ini menampung hampir 1000 karyawan Australia Post dari tiga lokasi berbeda termasuk Call Center Mount Waverley: lingkungan kerja berbasis pra-kegiatan (ABW) yang mempermudah orang untuk “merasa nyaman di meja kerjanya dengan cara sendiri,” jelas direktur proyek renovasi Australia Post untuk 180 Lonsdale Street, Sandra Maltman. Dengan mengkonsolidasikan departemen-departemen yang begitu beragam seperti real estat, pengadaan dan pemasaran dalam sebuah lingkungan berbasis kegiatan yang didesain untuk mendorong fleksibilitas, kerja sama spontan dan pemecahan masalah kreatif melalui ruang terbuka yang dapat dengan mudah disesuaikan untuk kebutuhan pengguna, Australia Post berkomitmen untuk menggabungkan departemen-departemen kerja yang relevan, mempromosikan cara baru untuk bekerja, dan beradaptasi dengan kebutuhan yang terus berubah, (misalnya dengan menambah jumlah pegawai call center untuk mengelola musim ramai tahunan di bulan Oktober-Januari). Tentu pada akhirnya tujuannya adalah untuk menghasilkan layanan pelanggan yang lebih baik dari pegawai yang lebih bahagia dan berdaya, sekaligus juga menurunkan tingkat turnover dan ketidakhadiran.
Sebagai pakar penerapan strategi berlapis, Maltman tahu betul bahwa perubahan manajemen dan komunikasi internasional yang dilakukan dengan penuh perhitungan akan menjadi sangat penting dalam menenangkan rasa takut akan kehilangan seperti parkir mobil, meja dan kantor pribadi serta mampu membantu pegawai untuk menerima lingkungan baru dengan tulus. Ia sangat senang ketika melihat kelompok yang begitu beragam, mulai dari tim eksekutif hingga pekerja muda dan pekerja sementara di call center, mendiskusikan visi mereka untuk lingkungan yang baru. Daripada membicarakan hal yang membosankan, mereka mendiskusikan aspirasi-aspirasi mereka seperti “Produktivitas, kolaborasi, interaksi … hal-hal yang benar-benar penting,” jelas Maltman. “Kami sangat terkesan karena apa yang diinginkan oleh manajemen ternyata sama dengan apa yang diinginkan oleh para pegawai di tempat kerja, dan kami merasa sangat bersemangat karena kami bisa (menyediakannya).”
Heidi Smith, Kepala Proyek dan Mitra di Gray Puksand, menyatakan bahwa pelibatan staf agar mereka terinformasi dan antusias telah menjadi desain yang banyak dipahami dan digunakan secara efektif. Inti dari desain ini adalah sejumlah inisiatif pemicu kenyamanan seperti ruang permainan yang di dalamnya terdapat Fussball dan Playstation, lobi kreatif di mana jigsaw dan buku mewarnai selalu bisa diakses, perpustakaan yang meminjamkan majalah dan buku, serta kebun musim dingin yang lengkap dengan perabot anyaman putih, pemandangan yang luas dan rasa nyaman yang disediakan oleh tripleheight void.
“Untuk hal-hal yang mendasar, para pegawai sudah tahu apa yang mereka dapatkan dari Australia Post,” Kata Smith. “Bagi kami, tema dasar yang menjadi fokus utama adalah apa yang kita rasa sebagai langkah selanjutnya untuk ruang kerja, yaitu kenyamanan seutuhnya – bagaimana kita bisa mendukung hati dan jiwa mereka di lingkungan kerja serta mendorong mereka untuk tetap tinggal dan bertumbuh, untuk benar-benar membangun gagasan seputar kolaborasi dan kreativitas? Itu semua sangat baik tapi kalau pegawai Anda tidak benar-benar merasa damai dan bahagia maka itu semua tetap akan terasa sedikit tegang entah bagaimanapun rupa ruangnya. ”
Rancangan ulang ini terinspirasi dari metafora jalinan untuk menyatukan kelompok-kelompok dengan gaya kerja yang berbeda menjadi satu anyaman yang kuat dan dinamis, memberikan tema untuk setiap lantai yang mencerminkan fokus lantai tersebut dengan palet warna dan bahan-bahan yang berkarakter serta perabotan yang elegan dan desain pencahayaan oleh brand pakaian Australia seperti Jardan, Derlot dan Satelight.
Palet warna dibuat lebih terang di bagian tengah setiap lantai, di sekitar fasilitas bersama seperti dapur, loker dapat dikunci dengan kartu pengenal, ruang utilitas dan tangga yang saling terhubung, serta pendingin menuju area kerja privat di pinggir ruangan. Di sudut timur dan barat terdapat ruang rapat bertembok kaca yang dikelilingi oleh ‘found space’ dengan kursi jamuan oleh Borcor, dipan dan meja yang dapat dipindah, pemandangan panorama kota yang dideklarasikan dengan bangga oleh Smith sebagai “milik semua orang.” Di tengah lantai terdapat jalur-jalur menuju ruang-ruang yang sama nyamannya yang didesain sebagai area untuk interaksi atau kolaborasi sambil rehat berdiri. Terdapat juga meja berdiri dengan fasilitas AV yang dilengkapi wi-fi untuk diskusi kelompok. Bahkan ruang sosial seperti kebun atau lobi kreatif juga dapat digunakan untuk bekerja apabila atmosfer santai dirasa tepat.
Walaupun seluruh elemen ini berkontribusi pada rasa nyaman yang lebih besar di dalam ruang, spesifikasi dari seri Zip HydroTap di sepanjang interior memainkan peran signifikan dalam menyediakan versi terbaik dari esensi hidup bagi para pegawai. Bahkan, riset menunjukkan bahwa 80% dari orang yang tinggal di tempat di mana HydroTap dipasang meminum lebih banyak air daripada ketika mereka hanya memiliki keran standar atau air botolan. Di tempat ini, HydroTap mengubah air menjadi versi air dingin, panas dan sparkling yang optimal kapan pun, yang mana hal ini membantu para pegawai untuk tidak hanya tetap terhidrasi, tetapi juga melenyapkan kebutuhan akan air botolan di kulkas atau ketel untuk memasak air — menciptakan lingkungan yang rapi dan aman.
Salut terhadap operasi ritel Australia Post yang sangat memperhatikan detail seperti pencahayaan tembaga tubular yang dibuat khusus oleh Darkon dan terinspirasi dari paket pos silindris, dan penanda grafis yang menampilkan peta distribusi tukang pos.
Bagi Maltman, penggunaan berbagai ruang yang terus-menerus beradaptasi ini (hingga fitur seperti permukaan tembok yang dapat ditulis) merupakan tanda bahwa karyawan tidak lagi terikat oleh susunan dan perilaku lama yang mengukur kesuksesan suatu proyek. “Orang-orang sudah melangkah maju dan mereka menolak untuk mundur,” tegas Maltman. “Semua orang melihat sesuatu yang berbeda mengenai apa yang mereka cintai dari tempat kerjanya.”
Comments are closed.